• SMK NEGERI 1 PRINGGABAYA
  • TAMPIL PRIMA - berTAqwa, teraMPIL, PRoduktif, Inovatif dan MAndiri
  • info@smkn1pringgabaya.sch.id
  • 0376-2991557
  • Pencarian

SMKN 1 Pringgabaya Ikut Andil Pada Program Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia

Dalam rangka pelaksanan Program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan oleh Dosen  Universitas Indonesia yang bertajuk “Implementasi Teknologi Tepat Guna Gerobak Listrik dan Pelatihan Digital Marketing UMKM Kopi Desa Sapit” mengundang guru SMKN 1 Pringgabaya sebagai pemateri.

Peserta Pelatihan merupakan para pengusaha yang tergabung dalam UMKM Kopi yang berada didesa Sapit, Kegitan ini bertujuan untuk memperkenalkan Gerobak Listrik sebagai Pembangkit Listrik yang bersumber dari Energi matahari kepada para pelaku UMKM Kopi.

Pelatihan tersebut diikuti para pelaku UMKM yang rata-rata masih sangat muda, materi yang diberikan terkait pengenalan energi terbarukan, Proses konversi konversi energi dan potensi-potensi disekitar yang bisa menghasilkan energi serta bagaimana cara pengioperasiannya.

Para peserta mendengarkann dengan seksama materi yang disampaikan oleh Moh. Faisatullah, materi yang disampaikan gampang dipahami, sehingga banyak diantara peserta menjadi penasaran dan mengajukan beberapa pertanyaan seputar energi terbarukan khususnya Pembangkit Listrik tenaga Surya.

Tidak hanya pemaparan materi, pada kesempatan tersebut diberikan materi praktik terkait cara pembuatan Gerobak Listrik, Komponen yang dibutuhkan serta cara pengoperasinnya, saking penasarannya para peserta rela membawa peralatan meracik kopi guna dicoba digerobak Listrik, Mereka pun dibuat heran, hanya dengan komponen sederhana mampu menghidupkan alat penghalus kopi, Mixer, Dispenser serta bisa mencharger Handphone.

Dari Penuturan para pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan, Mustiawan salah satunya sangat tertarik dengan inovasi Gerobak  Listriik PLTS ini, apalagi saat ini kafe-kafe yang dulu sepi di masa pandemi, kini sudah mulai banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena pemandangan alam yang indah tempat bersuafoto sambil menikmati kopi khas Sapit yang sangat enak.

Mustiawan Menambahkan Gerobak Listrik ini menjadi energi alternatif guna memenuhi pasokan energi guna penunjang opersional cafe-café, karena sampai saat ini aliran listrik belum bisa terjangkau sampai area penguasa UMKM kopi yang berada didesa Sapit sebab buka merupakan wilayah pemukiman, sehingga sangat pas PLTS ini bisa diaplikasikan

Dalam kesempatan yang sama Triana Utami, salah satu tim Universitas Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu Guru SMKN 1 Pringgabaya yang sudah meluangkan waktu untuk membantu dan menfasilitasi kami selama kegiatan pemberdayaan masyarakat didesa Sapit kecamata Suela kabupaten Lombok Timur, Semoga nantinya kegiatan ini akan terus berlanjut imbuhnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama pula, Habib Azmi, S.Pd wakil kepala sekolah Bidang Hubungan Industri, menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Tim serta Bapak/Ibu dosen Universitas Indonesia yang telah memberikan kami kesempatan pada program pemberdayaan masyarakat ini, jika para peserta pelatihan membutuhkan gagasan dan arahan terkait energi terbarukan dengan senang hati kami terbuka menerima bapak/ibu untuk berkunjung ke SMKN 1 Pringgabaya. Dipenghujung kegiatan ini Perwakilan Universitas Indonesia penyerahan Sertifikat serta Plakat kepada guru SMKN 1 Pringgabaya, kegiatan dilanjutkan diakhiri dengan sesi foto bersama. Red-Fais

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
"Samurai Paint Goes to school"

Sekolah Menengah Kejururan (SMK) Negeri 1 Pringgabaya, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur tak henti hentinya memfasilitasinya siswanya dalam memberikan pembekalan ilmu, melal

21/01/2021 17:04 - Oleh Administrator - Dilihat 771 kali
Puluhan Pelajar SMKN 1 Pringgabaya Ikuti Pelatihan "Vena Energy Go To School"

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur merekomendasikan sebanyak 35 siswa-siswinya untuk mengikuti program "Vena energy go to School" yang diseleng

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 513 kali